Manajemen Kepemimpinan Seorang Kepala Sekolah [EDISI TAHUN 2015]

MANAJEMEN YANG HARUS DIMILIKI SEORANG PEMINPIN
Salam buat pendidik di seluruh wilayah Indonesia.
Salam jumpa lagi dengan admin blog sdasemrudungsatu.blogspot.com
Nach di kesempatan ini telah diterbitkan beberapa pokok peraturan berkaitan kepemimpinan, terutama jabatan seorang Kepala Sekolah. untuk penjelasan singkatnya sengaja saya ambil dari salah satu kebijakan dan semoga tidak mengurangi rasa hormat; diantaranya :
  1. Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, dan Guru, merupakan tiga pilar penting dalam mewujudkan pelaksanaan Kurikulum. Efektifitas ketiga pilar dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, sangat menentukan keberhasilan penyelenggaraan pendidikan, termasuk dalam mengimplementasikan Kurikulum. Untuk dapat melaksanakan tugas fungsinya dengan baik, ketiganya harus didukung oleh kompetensi yang memadai sesuai dengan tuntutan yang dipersyaratkan. Oleh karena itu, peningkatan kompetensi Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, serta Guru harus dilakukan secara sistemik, sistematis, dan berkelanjutan.
  2. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut di atas, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (Badan PSDMPK dan PMP) melalui Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan telah menyusun pedoman pelatihan Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah Dalam Mengelola Kurikulum. Pedoman yang tersusun diharapkan dapat dijadikan sebagai acuan dalam melaksanakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi untuk Kepala Sekolah Dalam Mengelola Kurikulum.
  3. Pedoman Pelatihan Peningkatan Kompetensi bagi Kepala Sekolah Dalam Mengelola Kurikulum ini memuat Pendahuluan, Program Pelatihan, Mekanisme Pelatihan, Evaluasi, dan Penutup. Di samping itu, terdapat lampiran yang memuat format administrasi penyelenggaraan, format penilaian, penjadwalan, instrumen evaluasi penyelenggaraan, tata tertib, sistematika laporan, format Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan, dan silabus setiap materi pelatihan.
  4. Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih serta penghargaan atas perjuangan dan dedikasi tinggi para pengembang materi, penyusun pedoman, dan perangkat pelatihan lainnya. Semoga keberadaan Pedoman ini dapat berkontribusi positif terhadap efektivitas pelatihan yang diiringi harapan dengan terlaksana kurikulum secara efektif dapat meningkatkan mutu lulusan dari seluruh jenjang pendidikan.
Untuk lebih lengkap dari keseluruhan penjelasan di atas bisa didapatkan pada link di bawah ini: 

  1. MANAJEMEN SEKOLAH DANKEPEMIMPINAN SEKOLAH
  2. MANAJEMEN IMPLEMENTASIKURIKULUM
  3. SUPERVISI MANAJERIAL DANSUPERVISI AKADEMIK
  4. PENGEMBANGAN INTRA DANEXTRAKURIKULER
  5. KEMITRAANSEKOLAH DENGAN PIHAK EKSTERNAL


Demikian sedikilas penjelasan tentang "Manajemen Seorang Kepala Sekolah semoga bermanfaat. Dan mohon maaf apabila kurang berkenan


Nama Anda
New Johny WussUpdated: Februari 12, 2016

0 komentar:

Posting Komentar

CB