"Buku Panduan Analisis data suatu Penelitian"

BUKU PANDUAN ANALISIS DATA PENELITIAN
Salam jumpa lagi dengan admin blog sdasemrudungsatu.blogspot.com
Kali ini saya postingkang "Buku Panduan Analisis data suatu Penelitian", yang sangat bermanfaat bagi bapak/ibu guru bahkan Pengawas TK/SDLB di seluruh Indonesia, karena panduan ini merupaka hasil dari diklat Pengawas TK/SDLB yang diadakan di Bandung beberapa waktu yang lalu dan bersumber dari bapak Mohammad Khoirul Anam beliau merupakan salah satu peserta Diklat tersebut. tentang file ini sedikit saya jelaskan sbb :
    Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh Pengawas Satuan Pendidikan adalah mampu melakukan penelitian. Hal ini karena pekerjaan pengawas adalah sebuah profesi yang menuntut peningkatan pengetahuan dan keterampilan terus menerus sejalan dengan perkembangan pendidikan di lapangan.
      Setiap bidang pekerjaan selalu dihadapkan pada permasalahan yang selalu berkembang, baik berupa fenomena yang mengundang tanda tanya, maupun kesenjangan antara yang diharapkan dengan kenyataan. Permasa-lahan tersebut menuntut jawaban dan solusi yang dapat dipertanggung jawab-kan.
      Kedudukan pengawas sebagai pembina para guru dan kepala sekolah, mengharuskan dia memiliki kesiapan memberikan solusi bagi permasalahan yang mereka hadapi. Ia dapat saja mengandalkan pengalaman, baik dirinya sendiri maupun orang lain, mengambil teori dari buku-buku, atau bahkan mengandalkan intuisi. Hal ini tentu tidak selamanya memuaskan, karena yang dituntut darinya adalah professional judgement yang dapat dijadikan acuan.
            Penelitian merupakan suatu bentuk kegiatan ilmiah untuk mendapatkan pengetahuan atau kebenaran. Ada dua teori kebenaran pengetahuan, yaitu teori koherensi dan korespondensi. Teori koherensi beranggapan bahwa suatu pernyataan dikatakan benar apabila sesuai dan tidak bertentangan dengan pernyataan sebelumnya. Aturan yang dipakai adalah logika berpikir atau berpikir logis. Sementara itu teori korenspondensi berasumsi bahwa sebuah pernyataan dipandang benar apabila sesuai dengan kenyataan (fakta atau realita). Untuk menemukan kebenaran yang logis dan didukung oleh fakta, maka harus dilakukan penelitian terlebih dahulu. Inilah hakikat penelitian sebagai kegiatan ilmiah atau sebagai proses the acquisition of knowledge.
              Pengolahan dan analisis data merupakan tahapan penting dalam penelitian. Data yang telah dikumpulkan tidak akan berarti apa-apa bila tidak diolah dan dianalisis, untuk menghasilkan kesimpulan. Dalam pengolahan dan analisis ini tidak saja dibutuhkan ketarampilan teknis pengerjaan sesuai dengan jenis data, namun juga referensi dan kadang imaginasi untuk dapat memaknai data khususnya dalam penelitian kualitatif.    
   Kemampuan  mengolah dan menganalisis data  tersebut tentu sangat dibutuhkan oleh pengawas. Oleh karena itu materi pelatihan pengolahan dan analisis data ini penting untuk disampaikan. Untuk lebih detail tentang Panduan Analisis data Penelitian silahkan download filenya berikut ini : BUKU PANDUAN ANALISIS DATA PENELITIAN

Demikian yang dapat saya jelaskan kurang dan lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya da besar harapan saya semoga file ini dapat bermanfaat untuk mengembangkan karier bapa/ibu serta pengawas sekolah. Amien yaa robba 'alamien !


Nama Anda
New Johny WussUpdated: Februari 07, 2016

0 komentar:

Posting Komentar

CB