Download Struktur Kurikulum 2013 PAUD (TK, RA, TPA, SPS)

Download Struktur Kurikulum 2013 PAUD (TK, RA, TPA, SPS)

Download Struktur Kurikulum 2013 PAUD (TK, RA, TPA, SPS). Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini merupakan pengorganisasian Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, muatan pembelajaran, program pengembangan, dan beban belajar. Dalam pembelajaran PAUD/TK mengenal istilah Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan (STPP). Istilah tersebut mengandung makna dan merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi perkembangan anak yang mencakup aspek nilai 1) agama dan moral, 2) fisik motorik, 3) kognitif, 4) bahasa, 5) sosial-emosional, dan 6) seni.

1. Nilai-nilai agama dan moral, meliputi:

mengenal agama yang dianut, mengerjakan ibadah, berperilaku jujur, penolong, sopan, hormat, sportif, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, mengetahui hari besar agama, dan menghormati (toleransi) agama orang lain.

2. Fisik Motorik, meliputi:
  • Motorik Kasar: memiliki kemampuan  gerakan tubuh secara ter koordinasi, lentur, seimbang, dan lincah dan mengikuti aturan.
  • Motorik Halus: memiliki kemampuan menggunakan alat untuk mengeksplorasi dan mengekspresikan diri dalam berbagai bentuk.
  • Kesehatan dan Perilaku Keselamatan: memiliki berat badan, tinggi badan, lingkar kepala sesuai usia serta memiliki kemampuan untuk berperilaku hidup bersih, sehat, dan peduli terhadap keselamatannya.

3. Kognitif, meliputi:
  • Belajar dan Pemecahan Masalah: mampu memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang fleksibel dan diterima sosial dan menerapkan pengetahuan atau pengalaman dalam konteks yang baru.
  • Berfikir logis: mengenal berbagai perbedaan, klasifikasi, pola, berinisiatif, berencana, dan mengenal sebab akibat. 
  • Berfikir simbolik: mengenal, menyebutkan, dan menggunakan lambang bilangan 1-10, mengenal abjad,  serta  mampu merepresentasikan berbagai benda dalam bentuk gambar.

Download:  Buku Pedoman  K-13 PAUD/TK

4. Bahasa, meliputi: 
  • Memahami (reseptif) bahasa: memahami cerita, perintah, aturan, dan menyenangi serta menghargai bacaan.
  • Mengekspresikan Bahasa: mampu bertanya, menjawab pertanyaan, berkomunikasi secara lisan, menceritakan kembali apa yang diketahui
  • Keaksaraan: memahami hubungan bentuk  dan bunyi huruf, meniru bentuk huruf, serta memahami kata dalam cerita.

Download [ Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 PAUD/TK ]

5. Sosial-emosional, meliputi:
  • Kesadaran diri: memperlihatkan kemampuan diri,  mengenal perasaan sendiri dan mengendalikan diri, serta mampu menyesuaikan diri dengan orang lain 
  • Rasa Tanggung Jawab untuk Diri dan Orang lain: mengetahui  hak-haknya, mentaati aturan, mengatur diri sendiri, serta bertanggung jawab atas perilakunya untuk kebaikan sesama.
  • Perilaku Prososial: mampu bermain dengan teman sebaya, memahami perasaan, merespon, berbagi, serta menghargai hak dan pendapat orang lain; bersikap kooperatif, toleran, dan berperilaku sopan.

Download ; Buku Pedoman KTSP PAUD/TK

6. Seni, meliputi: 

mengeksplorasi dan mengekspresikan diri, berimajinasi dengan gerakan, musik, drama, dan beragam bidang seni lainnya (seni lukis, seni rupa, kerajinan), serta mampu mengapresiasi  karya seni.

Secara umum bahwa kurikulum merupakan seperangkat data yang berisikan tujuan pendidikan pada satuan pendidikan, sehingga kurikulum merupakan langkah awal yang perlu disusun untuk dapat dipergunakan sebagai acuan di sebuah satuan pendidikan oleh sebab itulah apabila bunda memerlukan Struktur Kurikulum 2013 PAUD (TK, RA, TPA, SPS) secara lengkap download di bawah ini. Dan perlu diketahui bahwa beberapa file di bawah ini merupakan susunan kurikulum 2013 untuk PAUD/TK yang berada di lingkungan sekolah kami, sehingga sudah dapat dipakai.


Demikianlah kiranya materi Struktur Kurikulum 2013 PAUD (TK, RA, TPA, SPS) semoga dapat dipergunakan.

Sebagai bahan tambahan materi yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana kita menyusun Surat Keputusan (SK) pelaksanaan Proses Pembelajaran mengacu pada penyusunan konsideran surat Keputusan yang dapat dipergunakan semua jenjang sekolah.

Materi ini juga dapat diakses pada http://paudjateng.xahzgs.com


Nama Anda
New Johny WussUpdated: Agustus 30, 2017

0 komentar:

Posting Komentar

CB