Soal HOTS IPA Kelas 4 SD/MI

Istilah berpikir tingkat tinggi dalam penyusunan soal untuk peserta didik apabila dikaji secara seksama mendalam pada dunia pendidikan seakan bikin istilah baru, namun sebelum menulis soal berfikir tingkat tinggi sebaiknya pendidik mengetahui apa yang dimaksud dengan keterampilan berfikir tingkat tinggi dan karakteristik instrumen untuk mengukur berfikir tingkat tinggi. Mengetahui dari arti kata yang jarang digunakan mungkin sulit tetapi ini bukannya HOTS kecuali melibatkan proses bernalar (seperti mencari arti kata konteks/stimulus).


Higher Order of Thinking Skill (HOTS) adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan kreatif.

Berfikir tingkat tinggi merupakan kemampuan berfikir yang tidak sekadar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite).

Apa yang dimaksud berfikir?

Berpikir tingkat dapat disimpulakn sebagai berikut:
  • Menemukan
  • Menganalisis
  • Mencipta
  • Merefleksi
  • Beragumen

Berfikir Kritis adalah berfikir yang memeriksa, menghubungkan, dan mengevaluasi semua aspek situasi atau masalah: termasuk di dalamnya mengumpulkan, mengorganisir, mengingat, dan menganalisa informasi. Berfikir kritis termasuk kemampuan membaca dengan pemahaman dan mengidentifikasi materi yang dibutuhkan dan tidak dibutuhkan .
Kemampuan menarik kesimpulan yang benar dari data yang diberikan dan mampu menentukan nketidak-konsistenan dan pertentangan dalam sekelompok data merupakan bagian dari keterampilan berfikir kritis. Dengan kata lain berfikir kritis adalah analitis dan refleksif.

Berfikir kreatif yang sifatnya orisinil dan reflektif. Hasil dari keterampilan
berfikir ini adalah sesuatu yang kompleks. Kegiatan yang dilakukan diantaranya menyatukan ide, menciptakan ide baru, dan menentukan efektifitasnya. Berfikir kreatif meliputi juga kemampuan menarik kesimpulan yang biasanya menelorkan hasil akhir yang baru.

Demi kejelasan materi tersebut berikut ini telah kami sediakan contohnya.

Contoh soal HOTS Mupel IPA Kelas 4 format Words dapat didownload di sini
Contoh soal HOTS Mupel IPA Kelas 4 format Pdf dapat didownload di sini

Demikian ulasan singkat tentang materi Contoh Soal HOTS Kurikulum 2013 Kelas 4 semoga dapat menambah wawasan berpikir bagi pendidik semuanya.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: November 11, 2017

1 komentar:

CB